Keuntungan Rutin Mengganti Oli Mesin Genset

Keuntungan Rutin Mengganti Oli Mesin Genset

Salah satu komponen pada mesin genset yang memerlukan proses penggantian rutin adalah oli. Oli yang terdapat pada mesin genset akan berfungsi sebagai pelumas di antara komponen mesin genset sehingga efektif untuk meminimalisir keausan akibat dari gesekan di antara tiap komponennya.

Jual Genset – Dengan rutin mengganti oli mesin genset maka usia dari mesin menjadi lebih lama dan tentunya akan membantu mengawetkan pemakaian dari mesin genset itu sendiri, kamu jadi tidak keluar uang lagi untuk beli mesin genset yang baru.

Lantas, bagaimana cara yang benar untuk mengganti oli mesin genset?

Secara SOP, proses penggantian oli mesin genset harus dilakukan saat mesin telah beroperasi dan menyala sekitar 20-500 jam. Mau lama atau singkatnya proses penggantian mesin oli genset itu tergantung pada kapasitas daya dari genset tersebut. Berikut keuntungan ketika kamu secara rutin mengganti oli mesin genset:

  1. Mesin genset memiliki suhu yang stabil jadi tidak mudah aus dan panas bila kamu secara rutin mengganti olinya. Mengapa demikian? Karena proses pembakaran terjadi dengan sangat sempurna di bagian dalam genset. Hal ini bisa dibuktikan sendiri.
  2. Usia dari tiap komponen mesin genset menjadi lebih awet. Hal ini tidak lepas karena komponen mesin genset telah terlumasi oleh oli jadi komponen bebas dari karat, tidak akan mudah untuk terlepas serta akan membantu meminimalisir keausan.
  3. Saat oli mesin genset rutin kamu ganti dan pelihara, maka otomatis mesin genset tipe silent maupun open akan bekerja dengan lebih maksimal, getaran yang dihasilkan pun akan berkurang.

Melihat banyaknya keuntungan yang bisa kita peroleh saat rutin mengganti oli pada mesin genset, mengapa masih perlu diragukan lagi? Meski harga olinya mahal, akan lebih baik rutin membeli oli dari pada tiap tahun sering ganti mesin genset karena kesalahan pemakaian.

Ada banyak merk oli genset yang bagus dan berkualitas, yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran, temukan jenis oli yang paling cocok dengan mesin genset yang kamu punya saat ini.