5 Tips Mudah Mengatasi Rasa Lelah dan Lemas Saat Hamil

Salah satu tanda kehamilan yang umum terjadi adalah kelelahan. Selain itu, gatal tanda hamil juga bisa terjadi karena perubahan hormon. Untuk mengatasi rasa lelah dan lemas pada saat hamil, perlu trik khusus. Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai tipsnya? Berikut ulasan mengenai 5 tips mudah untuk mengaasi rasa lelah dan lemas saat hamil.

1. Tidur dan Istirahat Selama Masa Kehamilan

Untuk mengatasi kelelahan, saran yang paling dasar adalah tidur dan istirahat yang cukup selama masa kehamilan. Setidaknya dalam jangka waktu delapan jam di malam hari dan juga tidur siang setelah makan. Jika Anda terpaksa tidak bisa tidur siang, sempatkanlah setidaknya untuk beristirahat, walaupun hanya berbaring, supaya tubuh Anda kembali rileks.

Jika Anda merasa sulit tidur, Anda bisa mencoba berbagai solusi yang diberikan oleh WHO (World Health Organization) yakni dengan menghindari minuman seperti kafein, minum susu hangat sebelum tidur, dan mandi air panas atau melakukan kegiatan yang santai seperti membaca dan pijat selama kehamilan.

2. Melakukan Aktivitas Fisik Ringan Selama Masa Kehamilan

Melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki dapat meningkatkan kelancaran aliran darah selama kehamilan. Selain itu, aktivitas fisik ini juga dapat membantu untuk melepaskan hormone endorphin, dan dapat mengurangi kelelahan.

Cara untuk mengatasi perasaan takut kelelahan dan malas melakukan apa-apa adalah dengan menghadapinya dan juga memaksakan diri untuk bergerak keluar rumah. Kontak langsung dnegan sinar matahari dapat merangsang produksi vitamin D yang mempunyai peran penting selama masa kehamilan.

3. Hindari Stres Saat Hamil

Stres merupakan salah satu penyebab kelelahan dan cenderung dapat meningkatkan rasa

kelelahan selama masa kehamilan. Stres bisa menyebabkan Anda terasa mudah lelah, baik secara fisik maupun mental. Maka dari itu, ada baiknya Anda menghindari stres bisa dengan rajin berdoa, dan meditasi.

Melatih kontrol pernafasan juga sangat penting bagi perempuan hamil, karena nantinya bisa mempermudah proses persalinan. Fokus pada pernapasa Anda dapat sangat membantu Anda untuk merasa lebih rileks dan santai.

4. Hindari Dehidrasi

Kelelahan merupakan salah satu dari gejala dehidrasi. Jika Anda tidak cukup minum air, maka dehidrasi dapat meningkat dan menyebabkan rasa lelah. Maka dari itu, pastikan Anda minum air yang cukup saat masa kehamilan. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa manusia umumnnya harus meminum setidaknya satu setengah liter sehari.

5. Mengonsumsi Zat Besi

Asupan gizi juga harus dipenuhi pada saat masa kehamilan. Walaupun Anda tidak berselera makan saat hamil, namun jangan sampai Anda tidak memenuhi gizi yang Anda butuhkan, terutama zat besi. Mengonsumsi zat besi bertujuan agar ibu hamil tidak terkena anemia yang dapat menyebabkan dia mudah letih, lesu, dan lunglai.

Nah, itu dia ulasan mengenai 5 tips mudah untuk mengatasi rasa lelah dan lemas saat hamil. Kesehatan ibu hamil sangat perlu untuk diprioritaskan, maka jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, serta beristirahat secara cukup.