Penjelasan Mengenai Perbedaan Rangkaian Seri Dan Paralel

Pasti sudah sering mendengar ada yang bertanya mengenai perbedaan rangkaian seri dan paralel. Kedua jenis rangkaian ini digunakan dalam pemasangan instalasi listrik. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa rangkaian seri adalah yang tidak bercabang, sedangkan yang bercabang merupakan rangkaian paralel. Berikut adalah perbedaan kedua jenis rangkaian ini:

1. Susunan Komponen

Perbedaan rangkaian seri dan paralel yang paling terlihat jelas adalah pada susunan komponennya. Susunan komponen pada rangkaian seri dipasang secara berurutan. Sementara itu, pada rangkaian pararel disusun secara bersusun/sejajar supaya tiap bagian memiliki cabang. Artiya pada

2. Kabel Dan Saklar

Penggunaan kabel dan saklar pada kedua jenis saluran ini pun jelas berbeda. Tidak seperti pada rangkaian paralel, rangkaian seri tidak membutuhkan banyak penggunaan kabel dan saklar. Rangkaian paralel membutuhkan banyak kabel dan saklar karena disusun secara bercabang. Jika menggunakan sudut pandang ekonomis, maka penggunaan rangkaian seri lebih hemat biaya. jual bedug

3. Aliran Listrik

Aliran listrik pada rangkaian seri mengalirkan arus yang sama besarnya, hanya saja setiap komponen memiliki tegangan yang berbeda. Hal ini menyebabkan lampu-lampu yang dipasang secara seri akan memiliki pijar cahaya yang berbeda. Di samping itu, pada rangkaian paralel setiap cabang memiliki aliran arus yang berbeda, namun tegangannya sama besar. Pada penggunaannya, lampu yang dipasang secara pararel akan memiliki nyala pijar yang sama terang.

4. Kontinuitas

Rangkaian seri arus listrik hanya mengalir satu arah sedangkan pada rangkaian pararel mengalir secara bercabang. Saat terjadi pemutusan arus pada rangkaian seri, maka seluruhnya akan padam. Berbeda halnya jika pemutusan arus terjadi pada rangkaian paralel, maka yang akan padam hanya pada cabang yang arusnya di putus saja.

5. Hambatan

Hambatan total pada rangkaian seri jauh lebih besar karena menjumlahkan semua hambatan pada komponen-komponen yang dipasang secara seri. Lain halnya dengan hambatan total pada rangkaian paralel yang karena yang dijumlahkan adalah seper dari masing-masing hambatan. Itulah sebabnya hambatan total pada rangkaian seri jauh lebih besar dibandingkan dengan rangkaian paralel.

Demikian adalah penjelasan mengenai perbedaan rangkaian seri dan paralel. Pada konteks nyata, sering pula kedua instalasi rangkaian ini dipasang secara bersamaan. Jenis rangkaian listrik yang menggabungkan keduanya ini disebut sebagai rangkaian campuran.

Jual Kulit Sapi