Indahnya Pagi Hari Dari Atas Bukit Panguk Kediwung


Sekarang ini wisata sunrise atau menyaksikan matahari terbit sedang populer di kalangan wisatawan Indonesia. Banyak pengunjung  yang bangun pagi-pagi buta untuk menyaksikan keindahan alam berupa matahari pagi. Di Jogja sendiri, kegiatan wisata ini juga sangat marak. Di kawasan ini terdapat beberapa lokasi yang digunakan untuk menyaksikan sunrise ini seperti Bukit Puthuk Setumbu, Bunker Kaliadem Merapi, Jurang Tembelan, dan masih banyak lagi. Saat ini, salah satu kawasan yang populer sebagai objek wisata untuk menyaksikan wisata terbit adalah Bukit Panguk Kediwung.

Tempat wisata ini berada  Kabupaten Bantul, tepatnya di kecamatan Dlingo. Daerah ini memang sudah lama dikenal sebagai tempat untuk menikmati sunrise yang memukau dan beberapa tahun ini daerah Mangunan menjadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati matahari terbit maupun matahari terbenam. Dengan hutan pinusnyamembuat kawasan Dlingo terasa begitu syahdu di pagi hari. Sebelum matahari terbit, kabut akan tampak melayang di lembah Sungai Oya sehingga seolah-oleh wisatawan berada di negeri di atas awan. Bukit Panguk, Kediwung pun menjadi ramai karena menawarkan keindahan tersebut..

Paket Wisata Jogja

Objek wisata ini masih tergolong baru. Terilhami oleh objek wisata seperti Kebun Buah Mangunan dimana menawarkan tema yang sama warga di sekitar kawasan tersebut pun mulai membersihkan kawasan yang dulunya berupa hutan pinus dan menatanya sedemikian rupa sehingga menarik perhatian para wisatawan untuk datang. Bukit Panguk saat ini menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan yang imgin menikmati paket wisata di Jogja. Karena masih sepi mereka bisa menikmati keindahan alam dengan lebih tenang dan khidmat. Saat pagi tiba wisatawan bisa menikmati suasana alam yang indah di kawasan ini.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatam Dlingo, Kabupaten Bantul. Objek wisata ini bisa di bisa ditempuh sekitar 60 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Akses menuju tempat ini terbilang mudah. Ikuti saja arah ke Hitan Pinus Mangunan. Puncak Panguk Kediwung berjarak sekitar 2 km dari Hutan Pinus Mangunan. Jika masih bingung gunakan aplikasi seperti google map atau waze untuk mempermudah perjalanan.

Tips Wisata Bukit Panguk Kediwung

  1. Gunakan baju hangat saat datang pagi hari.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk berjalan di medan pegunungan.
  3. Jaga kebersihan kawasan wisata.