Melihat Uniknya Kawah Belerang di Kawah Sikidang Dieng

Provinsi Jawa Tengah yang luas memiliki banyak objek wisata alam yang indah dan mempesona. Salah satu kawasan yang terkenal dengan pemandangan alam yang unik dan berbahaya adalah Kawasan Dieng. Daerah ini mempunyai objek-objek wisata terkenal seperti Candi Arjuna, Telaga Warna dan masih beberapa objek wisata lainnya. Salah satu tujuan wisata yang wisatawan dapat melihat pemandangan sebuah kawah yang dikelilingi bebatuan belerang adalah Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang Dieng merupakan sebuah kawah yang merupakan bekas letusan gunung berapi dan berada di Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya berdekatan dengan Telaga Warna sehingga banyak wisatawan yang singgah di kawsah ini. Kawah ini masih aktif hingga sekarang dan saat ini menjadi tujuan wisata bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Walau tampak menyeramkan, kawah ini cukup aman karena kadar belerangnya tergolong rendah.

Kawah Sikidang Dieng bersama dua kawah lainnya yaitu Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka sudah lama menjadi tujuan wisata utama di Kabupaten Wonosobo. Banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini umumnya datang dari Kota Jogja, Magelang dan Semarang. Kawah ini memiliki luas 200 meter persegi yang mana wisatawan bisa menyaksikan lumpur yang terus menerus meletup dan mengeluarkan uap panas. Kawah ini dikelilingi oleh bambu agar wisatawan tidak mendekat ke kawah karena berbahaya.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng:

Kawah Sikidang Dieng berada di kawasan Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasi objek wisata ini lumayan jauh jika melalui Kota Jogja, diperlukan waktu antara 4 – 5 jam untuk sampai dilokasi ini mengunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang penasaran dengan objek wisata ini bisa datang dengan mengunakan sewa bus di Jogja jika datang dalam rombongan besar dan menjadikanya paket wisata Dieng Jogja.

Tiket dan Jam Buka Kawah Sikidang Dieng:

Kawah Sikidang buka setiap hari dan buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini adalah Rp. 7.500,- dan wisatawan bisa menikmati pemandangan kawah yang unik dan tiada duanya.

Tips Wisata Kawah Sikidang Dieng:

  1. Sediakan pakaian yang nyaman digunakan untuk berwisata di pegunungan.
  2. Pakailah alas kaki yang enak dipakai untuk berjalan di tanah berbatu.
  3. Abadikan setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Bawa penutup kepala karena cuaca dapat berubah dengan cepat di kawasan ini.
  5. Jangan merusak fasilitas di kawasan ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata.