Tahapan Pelaksanaan Produksi Siaran TV

Setiap pelaksanaan produksi untuk siaran acara televisi memerlukan tahapan-tahapan yang direncanakan secara cermat, hal ini bukan saja masalah gambar yang harus dicermati, tetapi penataan suara dan beberapa aspek-aspek lain seperti setting dekorasi juga tidak bisa diabaikan begitu saja. jadwwal tv

Ada empat tahapan proses produksi siaran televisi, yaitu:

  1. Pre Production Planning.
  2. Set Up And Rehearsal
  3. Production.
  4. Post Production.

Apabila naskah siaran TV dinilai telah memenuhi syarat, maka produser menyelenggarakan Planning Meeting dengan mengundang anggota kerabat kerja inti yang terdiri dari Pengarah Acara, Technical Director, Audio Director, Art director. Di dalam planning meeting, produser melakukan pendekatan produksi (production approach) tentang rencana produksinya dan seluruh anggota inti memberikan berbagai masukan, sehingga tersusun suatu rencana produksi.

Produser selanjutnya menyusun rencana pelaksanaan produksi mulai dari penentuan artis, rencana anggaran, penggunaan peralatan, membentuk satuan kerja produksi, dan lain-lain. Hingga ke tahap pengambilan gambar, pelatihan, dan lantas produksinya. Pada saat produksi, semua bisa melakukan reevaluasi tayangan, hingga didapatkan tayangan yang diinginkan.

Jika terpaksa dilewat karena masalah waktu, bisa diserahkan kepada post produksi untuk diedit. Kasus diusirnya kawan Dewi Motik pada saat pengambilan tayangan Kick Andy pada saat produksi, tidak pernah terdengar dan terlihat di TV, karena pihak post production telah mengeditnya sedemikian rupa.