Teknik Budidaya Ikan Lele Bioflok Pasti Berhasil

Budidaya ikan lele bioflok merupakan cara Budidaya ikan terbaru yang menghasilkan bibit ikan unggul. Budidaya ikan lele bioflok menghasilkan ikan lele yang tidak terlalu amis. Budidaya ikan lele bioflok juga membuat rasa dari ikan lele tersebut lebih enak dan layak konsumsi.

Teknik ini mempermudah peternak lele dalam mendapat hasil panen yang lebih banyak. Jika pada budidaya lele biasa satu kolam hanya mampu menampung 100 sampai 200 ekor bibit ikan, dengan teknik ini satu kolam bisa menampung 1000 ikan sekaligus.

Tentunya Anda membutuhkan kolam yang lebih luas agar ikan tidak terlalu berdesakan. Pada bagian atas kolam diberi atap untuk mengindari kontak matahari secara langsung. Air yang dibutuhkan tidak terlalu dalam, maksimal satu meter jangan lebih. Itupun tidak diisi air secara penuh, beri air hingga tiga per empat bagian saja.

Budidaya ikan lele bioflok membutuhkan bantuan bakteri probiotik. Tambahkan bakteri probiotik pada air sebanyak lima mili liter per meter kubik. Tunggu selama satu hari kemudian tambahkan molase dan dolomite. Molase dapat membantu pertumbuhan bakteri menjadi lebih bak. Bakteri ini nanti akan dimakan oleh lele dan membantu pertumbuhannya. Diamkan lagi selama satu hari, setelah itu sebar lele secara perlahan ke dalam kolam.

Ada baiknya sebarkan bibit ikan lele dengan bantuan wadah plastik kecil agar lele tidak stres dengan tempat baru yang lebih besar. Tambahkan lagi bakteri probiotik ke dalamnya. Anda bisa memberikan bakteri probiotik setiap seminggu sekali untuk mendapatkan lele yang berkualitas baik. Lele bioflok ini ternyata lebih bergizi dari pada lele biasa. Rasanya akan lebih nikmat dan nilai jualnya lebih tinggi. Caranya memang terdengar lebih rumit dari pada budidaya lele biasa.

Tapi sebenarnya cara bioflok sangat mudah dan bisa dilakukan oleh pemula. Anda bisa langsung membudidayakan lele dalam jumlah banyak. Lele ini jauh lebih menguntungkan untuk dibudayakan karena tidak mudah mati dan stres. Anda pun tidak harus sering membersihkan air karena lele bisa hidup dalam air keruh.

Demikianlah informasi tentang teknik budidaya ikan lele bioflok pasti berhasil yang semoga bermanfaat.