Cara Budidaya Ikan Air Tawar yang Mudah

Ikan air tawar merupakan jenis ikan konsumsi yang paling mudah untuk dikembangbiakan. Selain sudah memiliki pangsa pasar yang bagus, benefit yang diperoleh juga terbilang fantastis. Tak heran jikalau usaha ini banyak sekali digandrungi calon pengusaha yang tertarik dibidang agribisnis.

Tak harus menggunakan kolam dari semen, pasalnya cara budidaya ikan air tawar ini bisa dikembangkan menggunakan terpal atau baliho yang sudah tak digunakan.

Tentunya untuk mendukung hasil yang maksimal harus diimbangi dengan langkah budidaya ikan air tawar yang tepat. Baik dalam pemilihan bibit hingga proses pemijahan berlangsung. Nah bagi Anda yang tertarik dengan keuntungan bisnis ini, barangkali artikel terkait tips budidaya ikan air tawar yang baik dan benar ini mampu memberikan informasi lengkap untuk Anda.

Kiat Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Langsung saja simak pembahasan tentang kiat sukses budidaya ikan air tawar yang sebaiknya anda perhatikan berikut ini.

1.Mempersiapkan lahan untuk pembuatan kolam

Ikan air tawar merupakan jenis ikan komsumsi yang mudah untuk dibudidayakan. Nah hal tersebut tentunya memberi kemudahan bagi Anda untuk menyediakan kolam bagi pertumbuhannya. Anda bisa memanfaatkan terpal atau baliho bekas sebagai dasar kolamnya. Lihat juga cara budidaya ikan cupang yang berhasil.

2.Mempersiapkan benih ikan

Untuk mendapatkan keuntungan yang cepat, maka pilihlah jenis ikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Oleh karenannya, tak heran jikalau setiap pelaku usaha dituntut untuk memanfaatkan peluang dipasaran secara maksimal untuk mencapai omset melimpah.

3.Penebaran Bibit

Pastikan bahwa bibit lele atau benih ikan air tawar yang hendak dikembangkan sesuai dengan luas kolam terpal yang dibuat. Hindari pemberian makan setelah 1 minggu penebaran benih, pasalnya selain masih menyimpan makanan sendiri biasanya ada hewan lain yang bisa dikonsumsi oleh ikan.

4.Proses Memanen

Biasanya jumlah panen yang dilakukan para petani tergantung dengan pencapaian bobot ikan atau kebutuhan komoditas pasar yang meningkat. Pastikan bahwa ikan yang siap panen memiliki syarat yang sesuai, baik berdasarkan bobot maupun ukuran tubuh.

Itulah informasi mengenai cara budidaya ikan air tawar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga artikel ini bermanfaat.