5 Alasan kenapa kamu harus kuliah di luar kota!

Menentukan pilihan kuliah di luar kota mungkin menakutkan sekaligus menantang bagi beberapa orang. Jauh dari orang tua dan tentunya harus hidup mandiri bukan persoalan yang mudah. Selain harus mandiri, kamu juga harus bisa manage keuangan agar tidak boros. Menjadi seorang perantau tentunya kamu harus belajar beradaptasi dengan lingkungan dan budaya baru yang mungkin sebelumnya kamu belum pernah merasakan. Banyak sebetulnya kampus daerah yang bagus, namun banyak orang juga yang ingin kuliah keluar kota agar bisa merasakan jadi perantau. Kebanyakan seperti ini atas kemauan diri sendiri, namun juga ada beberapa karena dorongan orang tua agar anaknya bisa lebih mandiri.

Sebetulnya ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan jika memilih kuliah di luar kota. Pertimbangan tersebut biasanya dari jarak kota asal ke kota perantau, kampus dan jurusan yang diinginkan, kualitas dan lingkungan kampus tersebut.

Jika memilih kampus di kota sendiri sebetulnya hal yang wajar juga. Banyak yang memilih kuliah di kampus sendiri karena tentunya biaya hidup lebih irit kemudian kamu tidak perlu berjauhan dengan keluarga. Namun ada baiknya kamu coba untuk memberanikan diri melepas zona nyaman untuk mencari hal baru menjadi seorang perantau. Disaat kamu memberanikan diri mengambil keputusan tersebut, secara tidak langsung perlahan kamu sudah melakukan perubahan untuk membiarkan dirimu beradaptasi dengan hal baru.

Untuk lebih menyakinkan keputusan kamu memilih kampus di luar kota, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus melakukannya :

Menjelajahi kota baru

Terlahir dan berkembang di kota yang sama, mungkin saat ini waktunya untuk kamu memperluas wawasan dengan menjelajahi kota baru. Tinggal sebagai perantau di kota baru tentunya akan mengharuskan kamu untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan dan budaya setempat. Meskipun terkadang rindu akan keluarga dirumah, namun keputusan untuk mengenyam pendidikan tinggi nantinya akan mendekatkan kamu kepada masa depan yang lebih baik. Sebaiknya kamu harus explore tentang kota tersebut, mulai dari kuliner, tempat wisata, budaya dan kearifan lokalnya agar perantauanmu lebih berkesan daripada kamu hanya tidur dikost saja.

Mendapatkan teman baru

Sesuatu yang baru tentunya akan memberikan perubahan besar dalam hidup kamu. Seperti halnya mendapatkan teman baru dari berbagai daerah dengan latar belakang yang berbeda. Kamu bisa sharing budaya dan adat masing-masing kota. Selain menambah pengetahuan, tentunya mendapatkan teman yang baru akan memberikan sensasi yang berbeda. Dari perbedaan itu tentunya kamu akan bisa memahami karakter dari masing-masing kota. Selain itu, siapa tau teman kamu nantinya akan bisa menjadi link untuk kamu bekerja.

Kebebasan

Memutuskan untuk keluar dari rumah justru memberikan sebuah langkah besar untuk membuat sebuah keberanian dan tanggung jawab yang besar pula. Sebagian orang tak perlu khawatir karena masih nyaman tinggal bersama orang tua. Namun jika kamu memutuskan untuk kuliah di luar kota justru mengambil langkah tepat untuk bisa hidup mandiri. Kemandirian inilah yang membuat kamu bebas untuk menata hidup sendiri. Tentunya kebebasan inilah yang perlu dilandasi rasa tanggung jawab dan pembuktian yang besar kepada orang tua. Terpenting jangan kamu salah gunakan kebebasan ini bukan dengan hal yang positif.

Mengejar cita-cita

Hidup mandiri tentunya akan memberikan kebebasan diri kamu untuk bisa explore dan luar dari zona nyaman. Menjadi seorang perantau bukan soal yang mudah, butuh keberanian yang besar untuk melakukannya. Namun menjadi seorang perantau akan memberikan peluang yang besar untuk kamu mampu mengejar cita-cita. Kamu bisa mengexplore segala hal baru, bebas untuk memilih langkah yang tepat untuk masa depan. Tentunya menjadi seorang perantau dengan tanggung jawab yang besar dan kemandirian akan mampu membawamu mengejar cita-cita.

Lebih menantang

Keluar dari zona nyaman masa SMA ke perguruan tinggi tentunya akan memberikan nuansa yang baru. Memasuki tingkat perguruan tinggi adalah cara yang tepat untuk menemukan kembali jati diri kamu baik secara sosial, akademis maupun pribadi. Dengan tinggal sendiri sebagai anak kost akan sangat berbeda sensasinya. Kamu harus lebih mandiri dalam segi apapun. Untuk mendapatkan kost yang dekat dengan kampus seperti kost dekat uii. Kamu bisa mencarinya melalui mamikos.com dengan cara download aplikasi mamikos pada playstore.