Tata Cara Mandi Wajib Menjelang Bulan Puasa

Bagi umat muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa Ramadhan memang diwajibkan untuk melakukan mandi wajib terlebih dahulu. Hal ini guna membersihkan diri dari segala sesuatu hal yang dapat membatalkan puasa.

Tak ketinggalan dengan masyarakat Jawa yang biasanya menjadikannya sebagai ritual wajib yang sering disebut dengan “Padusan”.

Meskipun tak sedikit orang yang sudah terbiasa melakukan mandi wajib, namun masih banyak sekali khalayak umum yang keliru bagaimana melaksanakan tata cara mandi wajib yang benar jelang bulan puasa yang baik dan benar.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami hendak menyajikan langkah mandi wajib menjelang bulan puasa yang baik dan benar bagi kaum pria sesuai dengan kaidah dan syariat. Langsung saja inilah penjelasannya untuk Anda.

Tahapan Mandi Wajib Menjelang Bulan Puasa

Lantas bagaimana sih tahapan mandi wajib menjelang bulan puasa? Berikut ini langkahnya.

  • Tata cara mandi wajib menjelang bulan puasa bagi kaum pria yang pertama adalah melafazkan niat mandi wajib. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan hadats besar yang menempel pada diri.
  • Kemudian basuhlah kedua telapak tangan menggunakan air sebanyak tiga kali.
  • Setelah itu bersihkan semua kotoran dan najis yang masih menempel pada tubuh
  • Nah, barulah dilanjutkan dengan berwudhu sebagaimana dilakukan ketika hendak melaksanakan tata cara sholat.
  • Guyurlah kepala secara perlahan sebanyak tiga kali. Namun sebelumnya usaplah rambut menggunakan tangan yang sudah dibasahi air sembari menggosok kulit kepala secara perlahan. Langkah mandi wajib menjelang bulan puasa bagi kaum pria ini dilakukan sebanyak tiga kali.
  • Lalu lanjutkan dengan menyiram tubuh bagian kanan sebanyak tiga kali serta bagian kiri sebanyak tiga kali.
  • Jangan lupa gosok tubuh pada bagian depan, belakang serta menyela rambut dan jenggot sebanyak tiga kali.
  • Setelah itu barulah mandi seperti biasa dan diawali dengan mengguyurkan air pada sisi sebelah kanan terlebih dahulu.

Nah itulah tadi langkah tata cara mandi wajib menjelang bulan puasa bagi kaum pria yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman.