Cara Membuka Situs yang Diblokir oleh Pemerintah

Internet saat ini sangat berkembang pesat dan semua informasi baik dalam dan luar negeri bisa diakses oleh banyak orang. Karena banyaknya informasi yang bisa diakses, tak heran jika pemerintah Indonesia sering membatasi situs-situs tertentu. Pasti banyak yang penasaran cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah bukan? Ternyata untuk membuka alamat website yang diblokir itu ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Apa sajakah itu? Anton Widawan menjelaskannya seperti berikut ini:

Cara Membuka Situs yang Diblokir beserta langkahnya

  • Menggunakan alamat IP

Cara yang pertama dan bisa dicoba adalah menggunakan alamat IP. Cara yang satu ini yakni dengan memakai alamat IP merupakan cara yang paling sederhana dan populer. Biasanya situs yang diblokir disimpan sebagai daftar URL, kemudian untuk membukanya bisa gunakan alamat IP seperti masuk ke command prompt lalu start-run-ketik CMD lalu enter. Setelah itu ketik ping-nama situs dan terakhir tekan enter. Namun jika website juga menyembunyikan nama IP maka situs tersebut tidak bisa diakses.

  • Menggunakan layanan DNS

Cara membuka situs yang diblokir lainnya dengan menggunakan layanan DNS. DNS merupakan sebuah server yang bekerja sama dengan banyak situs di dunia. Untuk membuka situs yang diblokir, tinggal ganti saja DNS server pada komputer atau router Anda. Mungkin untuk lebih lengkapnya Anda bisa browsing di internet bagaimana caranya secara detail.

  • Menggunakan Google cache

Cara ketiga yang bisa dicoba ialah dengan menggunakan Google cache. Di dalam Google ternyata memiliki alogaritma yang bisa membantu menyimpan situs cache tersebut. Jadi apabila Anda ingin membuka situs yang diblokir tetapi sebelumnya masih bisa diakses, tinggal masuk ke Google kemudian klik tombol pencarian. Arahkan kursor ke bawah lalu klik cache. Nantinya situs yang terblokir bisa dibuka kembali.

Situs yang terblokir sebenarnya bukan berarti itu bermuatan konten negatif. Tetapi pasti ada alasan tertentu yang menyebabkan situs-situs tersebut harus diblokir oleh pemerintah. Dengan menggunakan ketiga cara membuka situs yang diblokir seperti di atas, mungkin itu bisa membantu Anda dalam mengakses informasi di dunia maya sebanyak-banyaknya tanpa batas. Baca lebih lanjut di blog https://antonwidawan.com/ yang diuraikan lebih rinci lagi.